tag:blogger.com,1999:blog-52452010481063188372024-03-13T10:39:55.482-07:00TAVelektronikahttp://www.blogger.com/profile/15904452252966411640noreply@blogger.comBlogger5125tag:blogger.com,1999:blog-5245201048106318837.post-82604154373941090812009-12-02T22:36:00.002-08:002009-12-02T22:37:38.755-08:00KISI - KISI UAN SMK MATEMATIKAKisi-kisi UAN 2008/2009 SMK Matematika<br />1. MATEMATIKA SMK KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN<br />No. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI<br />1. Melakukan operasi bilangan real dan <br />menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menghitung hasil operasi bilangan real (persen)<br /> Menghitung hasil operasi bilangan berpangkat<br /> Menyederhanakan pecahan bentuk akar<br /> Menghitung nilai logaritma<br />2. Memecahkan masalah yang berkaitan <br />dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat. Menentukan persamaan garis<br /> Menggambar grafik fungsi kuadrat<br />3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear. Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel<br /> Menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel<br />4. Menyelesaikan masalah program linear. Menuliskan model matematika dari masalah program linear<br /> Menghitung nilai optimum dari progam linear<br />5. Menyelesaikan masalah matriks dan vektor <br />serta menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menentukan hasil operasi matriks<br /> Menentukan hasil operasi vektor<br /> Menentukan besar sudut antara dua vektor<br />6. Menghitung keliling dan luas bangun datar, luar permukaan dan volume bangun ruang serta menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menghitung keliling bangun datar<br /> Menghitung luas bangun datar<br /> Menentukan luas permukaan bangun ruang<br /> Menentukan volume bangun ruang<br />7. Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor. Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk<br /> Menentukan negasi pernyataan majemuk<br /> Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi<br /> Menarik kesimpulan dari beberapa premis<br />8. Menerapkan konsep perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri<br /> Mengubah koordinat kutub ke kartesius atau sebaliknya<br /> Menentukan nilai perbandingan trigonometri dengan <br />menggunakan rumus jumlah dan selisih<br />9. Menyelesaikan masalah dengan konsep peluang. Menghitung permutasi, kombinasi, dan peluang suatu kejadian<br />10. Menerapkan aturan konsep statistik dalam <br />pemecahan masalah. Menghitung unsur-unsur pada diagram lingkaran atau batang<br /> Menghitung ukuran pemusatan<br /> Menghitung ukuran penyebaran<br />11. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam penyelesaian masalah. Menentukan turunan fungsi aljabar <br /> Menghitung nilai maksimum atau nilai minimum suatu fungsi aljabar<br />12. Menggunakan konsep integral dalam penyelesaian masalah. Menghitung integral tak tentu dan tentu dari fungsi aljabar<br /> Menghitung luas daerah antara dua kurva<br /> Menghitung volume benda putar<br /><br /> <br /><br />2. MATEMATIKA SMK PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN PENJUALAN<br />No. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI<br />1. Melakukan operasi hitung pada bilangan real dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan<br /> Menyederhanakan pecahan bentuk akar<br />2. Menyelesaikan masalah persamaan dan pertidaksamaan, program linear, serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel<br /> Menentukan penyelesaian permasalahan program linear<br /> Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat<br />3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks. Menyelesaikan operasi matriks<br /> Menentukan invers matriks<br />4. Mengaplikasikan prinsip-prinsip logika matematika dalam menarik kesimpulan serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi dari suatu pernyataan<br /> Menentukan kesimpulan dari premis-premis yang ada sesuai hukum-hukum logika (modus tollens, dsb)<br />5. Menyelesaikan masalah fungsi dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menggunakan fungsi linear pada masalah di bidang kejuruan<br /> Menghitung unsur-unsur pada grafik fungsi kuadrat<br />6. Menerapkan konsep pola bilangan dalam menyelesaikan perhitungan barisan dan deret, serta terampil menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang <br />kejuruan. Menentukan rumus umum suatu barisan bilangan<br /> Menyelesaikan masalah deret aritmetika<br /> Menentukan suku suatu barisan geometri<br /> Menentukan suku deret geometri tak hingga<br />7. Menghitung keliling, luas bangun datar, dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menghitung keliling bangun datar<br /> Menghitung luas bangun datar<br />8. Menentukan banyak kemungkinan dan besar peluang suatu kejadian, serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menghitung permutasi dari beberapa unsur <br /> Menghitung kombinasi dari beberapa unsur <br /> Menghitung peluang kejadian<br />9. Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menghitung unsur-unsur pada diagram lingkaran atau batang<br /> Menghitung ukuran pemusatan<br /> Menghitung ukuran penyebaran<br /> Menghitung angka baku dan koefisien variasi<br />10. Menerapkan konsep matematika keuangan serta terampil menggunakannya untuk menyelesaikan permasalah dalam bidang kejuruan. Menghitung bunga tunggal<br /> Menghitung bunga majemuk<br /> Menghitung rente<br /> Menghitung anuitas<br /> Menghitung penyusutan<br /><br /> <br /><br />3. MATEMATIKA KELOMPOK PARIWISATA, SENI DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADMINISTRASI PERKANTORAN<br />No. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI<br />1. Melakukan operasi hitung pada bilangan real dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan<br /> Menghitung hasil operasi bilangan berpangkat, logaritma, dan bentuk akar dengan menggunakan sifat-sifatnya<br />2. Menyelesaikan masalah persamaan dan pertidaksamaan, matrik, dan program linear serta dapat menerapkannya dalam bidang <br />kejuruan. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel<br /> Menentukan hasil operasi akar-akar persamaan kuadrat<br /> Menyusun persamaan kuadrat baru dengan menggunakan sifat-sifat akar-akar persamaan kuadrat tersebut<br /> Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat<br /> Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat<br /> Menyelesaikan operasi matriks<br /> Menentukan invers matriks berordo 2 × 2<br /> Menentukan penyelesaian permasalahan program linear<br />3. Menghitung keliling, luas bangun datar, dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menghitung keliling dan luas bangun datar<br />4. Menerapkan konsep pola bilangan dalam menyelesaikan perhitungan barisan dan deret serta terampil menggunakannya dalam menyelesaikan permasalahan dalam bidang <br />kejuruan. Menyelesaikan permasalahan pada barisan dan deret aritmetika<br /> Menyelesaikan permasalahan pada barisan dan deret <br />geometri<br />5. Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menyelesaikan permasalahan pada penyajian data<br /> Menghitung ukuran pemusatan <br /> Menghitung ukuran penyebaran<br /> Menghitung angka baku dan koefisien variasielektronikahttp://www.blogger.com/profile/15904452252966411640noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5245201048106318837.post-75192441116941291572009-12-02T22:36:00.001-08:002009-12-02T22:36:40.957-08:00KISI - KISI UAN SMK BAHASA INGGRISKisi-Kisi Soal Ujian Nasional 2008/2009 SMK <br />BAHASA INGGRIS<br />No. Standar Kompetensi Lulusan Kemampuan Yang di Uji<br />1. LISTENING (Mendengarkan) <br />Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal, transaksional dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian. PICTURE <br />• Menentukan pernyataan lisan tentang kegiatan yang sedang berlangsung, sesuai dengan gambar. <br />• Menentukan pernyataan lisan tentang lokasi suatu benda, sesuai dengan gambar. <br />• Menentukan pernyataan tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang, sesuai dengan gambar.<br /> QUESTION- RESPONSE <br />• Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan saran, pilihan, undangan, dan arah/lokasi yang diberikan secara lisan.<br /> SHORT CONVERSATION <br />• Menentukan gambaran umum, informasi tersurat, informasi tersirat dari percakapan singkat tentang perkenalan, kegiatan sehari-hari, rencana, dan perbandingan yang diberikan secara lisan.<br /> SHORT TALK <br />• Menentukan gambaran umum dan informasi tersurat dari sebuah iklan radio monolog singkat. <br />• Menentukan gambaran umum dan informasi tersirat dari sebuah pengumuman singkat yang diberikan secara lisan.<br />2. READING (Membaca) <br />Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal transaksional, dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan, dan keprofesian. INCOMPLETE DIALOGUE<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan hobi dan minat<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan penanganan tamu/percakapan ditelepon<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kejadian masa lampau.<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan undangan<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pujian<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan keluhan<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan perintah/permohonan<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan nasehat/saran<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pengandaian<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan persetujuan/ ketidaksetujuan<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pemberian arah dan lokasi<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kegiatan rutin/sehari-hari.<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pemesanan<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan suatu kemungkinan<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang/sesuatu<br /> ERROR RECOGNITION Menentukan ungkapan perbandingan benda/orang<br /> Menentukan ungkapan deskripsi benda (adjective clause)<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan penawaran/persuasi<br /> Menentukan ungkapan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pemberian/permohonan perizinan<br /> Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan perasaan seseorang<br /> READING COMPREHENSION Menentukan informasi rinci tersurat, pikiran utama, dan rujukan kata dari surat bisnis.<br /> Menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat, dan sinonim kata tertentu dari sebuah tabel/diagram.<br /> Menentukan pikiran utama, informasi tersurat, dan sinonim kata tertentu dari teks singkat tentang pengalaman kerja seseorang.<br /> Menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat, dan informasi tersirat dari sebuah teks prosedur.<br /> Menentukan gambaran umum, informasi tersurat, dan rujukan kata dari teks singkat tentang deskripsi sebuah benda/tempat.elektronikahttp://www.blogger.com/profile/15904452252966411640noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5245201048106318837.post-29011979566893376352009-12-02T22:34:00.000-08:002009-12-02T22:35:30.386-08:00KISI - KISI UAN SMK BAHASA INDONESIAKisi-Kisi Soal Ujian Nasional SMK <br />No. Standar Kompetensi Lulusan Kemampuan Yang di Uji<br />1. Memahami isi berbagai bentuk wacana nonsastra seperti berbagai teks bacaan dari media cetak, laporan, petunjuk kerja, aturan, otobiografi, biografi, grafik, matriks, bagan, diagram, denah, dan jadwal serta menanggapi isinya secara kritis. Menentukan isi dan unsur paragraf<br /> Menentukan kalimat berbentuk opini <br /> Menentukan jenis laporan<br /> Menentukan isi petunjuk kerja<br /> Menentukan isi riwayat hidup (biografi/otobiografi)<br /> Menentukan isi grafik dan matriks<br /> Menentukan tanggapan yang logis dan yang sesuai dengan isi paragraf<br /> Menentukan makna istilah dalam paragraf<br /> Menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi yang benar<br /> Menyimpulkan isi laporan<br />2. Menulis proposal dan berbagai jenis karangan, surat, dan membuat berbagai laporan. Menulis/melengkapi karangan<br /> Melengkapi bagian proposal<br /> Menentukan kesesuaian bagian-bagian proposal<br /> Menentukan jenis karangan<br /> Menentukan kalimat yang menyatakan hubungan perbandingan dalam paragraf<br /> Menentukan penulisan kata dan pilihan kata (diksi)<br /> Menentukan kerangka karangan<br /> Menentukan kalimat efektif dalam karangan<br /> Menyusun topik karangan yang diacak<br /> Melengkapi paragraf rumpang dalam suatu karangan<br /> Menentukan ungkapan berdasarkan ilustrasi karangan<br /> Menentukan bagian-bagian surat berita keluarga<br /> Menentukan jenis surat<br /> Menentukan kalimat penutup surat permohonan<br /> Menentukan isi surat perjanjian jual beli<br /> Melengkapi bagian-bagian isi surat kuasa<br /> Menentukan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan<br /> Menyunting kalimat laporan<br /> Menyusun sebuah catatan kaki<br /> Menentukan isi catatan hasil rapat<br /> Menentukan isi prakata (kata pengantar)<br />3. Mengapresiasikan seni berbahasa seperti iklan, lirik lagu, dan sastra (teks prosa, puisi, dan drama). Menentukan makna kalimat poster<br /> Menentukan makna ungkapan dalam lirik lagu<br /> Menentukan peribahasa sesuai ilustrasi<br /> Menentukan unsur intrinsik dalam puisi<br /> Menentukan unsur intrinsik penggalan cerpen, <br />roman, novel<br /> Melengkapi naskah drama dan memahami isinya<br /> Menentukan unsur ekstrinsik penggalan novel<br />BAHASA INDONESIAelektronikahttp://www.blogger.com/profile/15904452252966411640noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5245201048106318837.post-55034528430289971792009-12-02T22:32:00.000-08:002009-12-02T22:34:01.428-08:00DASAR KOMPETENSI KEJURUAN JURUSAN ELEKTRO<meta equiv="Content-Type" content="text/html; charset=utf-8"><meta name="ProgId" content="Word.Document"><meta name="Generator" content="Microsoft Word 12"><meta name="Originator" content="Microsoft Word 12"><link rel="File-List" href="file:///C:%5CDOCUME%7E1%5CRATU4%7E1%5CLOCALS%7E1%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_filelist.xml"><link rel="Edit-Time-Data" href="file:///C:%5CDOCUME%7E1%5CRATU4%7E1%5CLOCALS%7E1%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_editdata.mso"><!--[if !mso]> <style> v\:* {behavior:url(#default#VML);} o\:* {behavior:url(#default#VML);} w\:* {behavior:url(#default#VML);} .shape {behavior:url(#default#VML);} </style> <![endif]--><link rel="themeData" href="file:///C:%5CDOCUME%7E1%5CRATU4%7E1%5CLOCALS%7E1%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_themedata.thmx"><link rel="colorSchemeMapping" href="file:///C:%5CDOCUME%7E1%5CRATU4%7E1%5CLOCALS%7E1%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_colorschememapping.xml"><!--[if gte mso 9]><xml> <w:worddocument> <w:view>Normal</w:View> <w:zoom>0</w:Zoom> <w:trackmoves/> <w:trackformatting/> <w:punctuationkerning/> <w:validateagainstschemas/> <w:saveifxmlinvalid>false</w:SaveIfXMLInvalid> <w:ignoremixedcontent>false</w:IgnoreMixedContent> <w:alwaysshowplaceholdertext>false</w:AlwaysShowPlaceholderText> <w:donotpromoteqf/> <w:lidthemeother>EN-US</w:LidThemeOther> <w:lidthemeasian>X-NONE</w:LidThemeAsian> <w:lidthemecomplexscript>X-NONE</w:LidThemeComplexScript> <w:compatibility> <w:breakwrappedtables/> <w:snaptogridincell/> <w:wraptextwithpunct/> <w:useasianbreakrules/> <w:dontgrowautofit/> <w:splitpgbreakandparamark/> <w:dontvertaligncellwithsp/> <w:dontbreakconstrainedforcedtables/> <w:dontvertalignintxbx/> <w:word11kerningpairs/> <w:cachedcolbalance/> </w:Compatibility> <w:browserlevel>MicrosoftInternetExplorer4</w:BrowserLevel> <m:mathpr> <m:mathfont val="Cambria Math"> <m:brkbin val="before"> <m:brkbinsub val="--"> <m:smallfrac val="off"> <m:dispdef/> <m:lmargin val="0"> <m:rmargin val="0"> <m:defjc val="centerGroup"> <m:wrapindent val="1440"> <m:intlim val="subSup"> <m:narylim val="undOvr"> </m:mathPr></w:WordDocument> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> <w:latentstyles deflockedstate="false" defunhidewhenused="true" defsemihidden="true" defqformat="false" defpriority="99" latentstylecount="267"> <w:lsdexception locked="false" priority="0" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="Normal"> <w:lsdexception locked="false" priority="9" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="heading 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="9" qformat="true" name="heading 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="9" qformat="true" name="heading 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="9" qformat="true" name="heading 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="9" qformat="true" name="heading 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="9" qformat="true" name="heading 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="9" qformat="true" name="heading 7"> <w:lsdexception locked="false" priority="9" qformat="true" name="heading 8"> <w:lsdexception locked="false" priority="9" qformat="true" name="heading 9"> <w:lsdexception locked="false" priority="39" name="toc 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="39" name="toc 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="39" name="toc 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="39" name="toc 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="39" name="toc 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="39" name="toc 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="39" name="toc 7"> <w:lsdexception locked="false" priority="39" name="toc 8"> <w:lsdexception locked="false" priority="39" name="toc 9"> <w:lsdexception locked="false" priority="35" qformat="true" name="caption"> <w:lsdexception locked="false" priority="10" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="Title"> <w:lsdexception locked="false" priority="1" name="Default Paragraph Font"> <w:lsdexception locked="false" priority="11" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="Subtitle"> <w:lsdexception locked="false" priority="0" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="Strong"> <w:lsdexception locked="false" priority="20" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="Emphasis"> <w:lsdexception locked="false" priority="59" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Table Grid"> <w:lsdexception locked="false" unhidewhenused="false" name="Placeholder Text"> <w:lsdexception locked="false" priority="1" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="No Spacing"> <w:lsdexception locked="false" priority="60" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light Shading"> <w:lsdexception locked="false" priority="61" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light List"> <w:lsdexception locked="false" priority="62" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light Grid"> <w:lsdexception locked="false" priority="63" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Shading 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="64" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Shading 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="65" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium List 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="66" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium List 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="67" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="68" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="69" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="70" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Dark List"> <w:lsdexception locked="false" priority="71" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful Shading"> <w:lsdexception locked="false" priority="72" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful List"> <w:lsdexception locked="false" priority="73" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful Grid"> <w:lsdexception locked="false" priority="60" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light Shading Accent 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="61" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light List Accent 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="62" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light Grid Accent 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="63" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Shading 1 Accent 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="64" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Shading 2 Accent 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="65" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium List 1 Accent 1"> <w:lsdexception locked="false" unhidewhenused="false" name="Revision"> <w:lsdexception locked="false" priority="34" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="List Paragraph"> <w:lsdexception locked="false" priority="29" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="Quote"> <w:lsdexception locked="false" priority="30" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="Intense Quote"> <w:lsdexception locked="false" priority="66" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium List 2 Accent 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="67" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 1 Accent 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="68" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 2 Accent 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="69" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 3 Accent 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="70" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Dark List Accent 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="71" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful Shading Accent 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="72" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful List Accent 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="73" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful Grid Accent 1"> <w:lsdexception locked="false" priority="60" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light Shading Accent 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="61" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light List Accent 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="62" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light Grid Accent 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="63" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Shading 1 Accent 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="64" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Shading 2 Accent 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="65" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium List 1 Accent 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="66" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium List 2 Accent 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="67" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 1 Accent 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="68" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 2 Accent 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="69" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 3 Accent 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="70" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Dark List Accent 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="71" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful Shading Accent 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="72" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful List Accent 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="73" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful Grid Accent 2"> <w:lsdexception locked="false" priority="60" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light Shading Accent 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="61" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light List Accent 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="62" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light Grid Accent 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="63" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Shading 1 Accent 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="64" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Shading 2 Accent 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="65" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium List 1 Accent 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="66" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium List 2 Accent 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="67" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 1 Accent 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="68" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 2 Accent 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="69" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 3 Accent 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="70" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Dark List Accent 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="71" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful Shading Accent 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="72" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful List Accent 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="73" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful Grid Accent 3"> <w:lsdexception locked="false" priority="60" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light Shading Accent 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="61" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light List Accent 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="62" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light Grid Accent 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="63" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Shading 1 Accent 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="64" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Shading 2 Accent 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="65" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium List 1 Accent 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="66" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium List 2 Accent 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="67" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 1 Accent 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="68" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 2 Accent 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="69" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 3 Accent 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="70" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Dark List Accent 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="71" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful Shading Accent 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="72" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful List Accent 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="73" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful Grid Accent 4"> <w:lsdexception locked="false" priority="60" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light Shading Accent 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="61" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light List Accent 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="62" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light Grid Accent 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="63" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Shading 1 Accent 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="64" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Shading 2 Accent 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="65" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium List 1 Accent 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="66" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium List 2 Accent 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="67" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 1 Accent 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="68" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 2 Accent 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="69" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 3 Accent 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="70" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Dark List Accent 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="71" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful Shading Accent 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="72" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful List Accent 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="73" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful Grid Accent 5"> <w:lsdexception locked="false" priority="60" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light Shading Accent 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="61" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light List Accent 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="62" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Light Grid Accent 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="63" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Shading 1 Accent 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="64" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Shading 2 Accent 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="65" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium List 1 Accent 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="66" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium List 2 Accent 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="67" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 1 Accent 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="68" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 2 Accent 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="69" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Medium Grid 3 Accent 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="70" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Dark List Accent 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="71" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful Shading Accent 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="72" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful List Accent 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="73" semihidden="false" unhidewhenused="false" name="Colorful Grid Accent 6"> <w:lsdexception locked="false" priority="19" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="Subtle Emphasis"> <w:lsdexception locked="false" priority="21" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="Intense Emphasis"> <w:lsdexception locked="false" priority="31" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="Subtle Reference"> <w:lsdexception locked="false" priority="32" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="Intense Reference"> <w:lsdexception locked="false" priority="33" semihidden="false" unhidewhenused="false" qformat="true" name="Book Title"> <w:lsdexception locked="false" priority="37" name="Bibliography"> <w:lsdexception locked="false" priority="39" qformat="true" name="TOC Heading"> </w:LatentStyles> </xml><![endif]--><style> <!-- /* Font Definitions */ @font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:0 0 0 0 0 0 0 0 0 0; mso-font-charset:1; mso-generic-font-family:roman; mso-font-format:other; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:0 0 0 0 0 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman","serif"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} p.xl53, li.xl53, div.xl53 {mso-style-name:xl53; mso-style-unhide:no; mso-margin-top-alt:auto; margin-right:0in; mso-margin-bottom-alt:auto; margin-left:0in; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman","serif"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} p.msolistparagraph0, li.msolistparagraph0, div.msolistparagraph0 {mso-style-name:msolistparagraph; mso-style-unhide:no; mso-margin-top-alt:auto; margin-right:0in; mso-margin-bottom-alt:auto; margin-left:0in; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman","serif"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} p.msolistparagraphcxspmiddle, li.msolistparagraphcxspmiddle, div.msolistparagraphcxspmiddle {mso-style-name:msolistparagraphcxspmiddle; mso-style-unhide:no; mso-margin-top-alt:auto; margin-right:0in; mso-margin-bottom-alt:auto; margin-left:0in; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman","serif"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} p.msolistparagraphcxsplast, li.msolistparagraphcxsplast, div.msolistparagraphcxsplast {mso-style-name:msolistparagraphcxsplast; mso-style-unhide:no; mso-margin-top-alt:auto; margin-right:0in; mso-margin-bottom-alt:auto; margin-left:0in; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman","serif"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} .MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:10.0pt; mso-ansi-font-size:10.0pt; mso-bidi-font-size:10.0pt;} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} --> </style><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman","serif";} </style> <![endif]--> <p class="MsoNormal" style="text-align: center;" align="center"><strong><span style="font-size: 13.5pt;">DASAR KOMPETENSI KEJURUAN </span></strong><b><span style="font-size: 13.5pt;">
<br /><strong>DAN KOMPETENSI KEJURUAN</strong></span></b></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: center;" align="center"><strong><span style="font-size: 13.5pt;">SMK DARUNNAJAH BANJARMANGU</span></strong></p> <p class="MsoNormal"> </p> <div class="MsoNormal" style="text-align: center;" align="center"> <hr width="100%" align="center" size="2"> </div> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 3.15in; text-indent: -198.45pt;"><strong>BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA</strong></p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 3.15in; text-indent: -198.45pt;"><strong>PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK ELEKTRONIKA</strong></p> <p class="MsoNormal" style="margin-left: 3.15in; text-indent: -198.45pt;"><strong>KOMPETENSI KEAHLIAN : TEKNIK AUDIO VIDEO </strong></p> <div class="MsoNormal" style="text-align: center;" align="center"> <hr width="100%" align="center" size="2"> </div> <p class="MsoNormal" style="margin: 12pt 0in 6pt;"> </p> <p class="MsoNormal" style="margin: 12pt 0in 6pt;"><b>A. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN</b></p> <table class="MsoNormalTable" style="width: 100%;" width="100%" border="1" cellpadding="0" cellspacing="0"> <thead> <tr style="page-break-inside: avoid; height: 23.15pt;"> <td style="padding: 0in; height: 23.15pt;"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 0.05in; text-align: center; text-indent: -0.05in;" align="center"><b>STANDAR KOMPETENSI<o:p></o:p></b></p> </td> <td style="padding: 0in; height: 23.15pt;" nowrap="nowrap"> <p class="MsoNormal" style="margin-bottom: 6pt; text-align: center;" align="center"><b>KOMPETENSI DASAR<o:p></o:p></b></p> </td> </tr> </thead> <tbody><tr style="height: 151.1pt;"> <td style="padding: 0in; width: 2in; height: 151.1pt;" width="192" valign="top"> <p class="xl53" style="margin: 6pt 0in 6pt 14.2pt; text-indent: -14.2pt;">1. Menerapkan dasar-dasar kelistrikan</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 207pt; height: 151.1pt;" width="276"> <p class="msolistparagraph0" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">1.1 Menjelaskan arus, tegangan dan tahanan listrik</p> <p class="msolistparagraphcxspmiddle" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">1.2 Menjelaskan sifat-sifat beban listrik yang bersifat resistif, kapasitif, dan induktif pada rangkaian DC</p> <p class="msolistparagraphcxsplast" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">1.3 Menjelaskan prinsip-prinsip kemagnitan listrik</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">1.4 Menjelaskan konsep rangkaian listrik</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">1.5 Mengunakan hukum-hukum rangkaian listrik arus searah</p> <p class="msolistparagraph0" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">1.6 Menggunakan hukum-hukum rangkaian listrik arus bolak-balik.</p> </td> </tr> <tr style="height: 22pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 22pt;" width="192" valign="top"> <p class="xl53" style="margin: 6pt 0in 6pt 14.2pt; text-indent: -14.2pt;">2. Menerapkan dasar-dasar elektronika</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 207pt; height: 22pt;" width="276" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">2.1 Mengidentifikasi komponen elektronika pasif, aktif dan elektronika optik</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">2.2 Menjelaskan sifat-sifat komponen elektronik pasif dan aktif</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">2.3 Menjelaskan konsep rangkaian elektronika.</p> </td> </tr> <tr style="height: 57.55pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 57.55pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 14.2pt; text-indent: -14.2pt;">3. Menerapkan dasar-dasar teknik digital</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 207pt; height: 57.55pt;" width="276" valign="top"> <p class="msolistparagraph0" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">3.1 Menjelaskan sistem bilangan</p> <p class="msolistparagraphcxspmiddle" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">3.2 Menjelaskan operasi logika</p> <p class="msolistparagraphcxsplast" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">3.3 Menjelaskan prinsip register.</p> </td> </tr> <tr style="height: 57.55pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 57.55pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 14.2pt; text-indent: -14.2pt;">4. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3)</p> </td> <td style="padding: 0in; height: 57.55pt;" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">4.1 Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">4.2 Menerapkan keselamatan kerja berdasarkan OSHA (Occupational Safety and Health Administration)</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">4.3 Mengidentifikasi gejala kejutan listrik (electric shock)</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">4.4 Mendemonstrasikan penggunaan fasilitas peralatan keselamatan kerja</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">4.5 Mengoperasikan alat dan perlengkapan pemadam kebakaran</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.7pt; text-indent: -22.7pt;">4.6 Mengidentifikasi bahan kimia Polychlorinated Biphenyls (PCBs).</p> </td> </tr> </tbody></table> <p class="MsoNormal" style="margin-top: 6pt;"> </p> <p class="MsoNormal" style="margin: 12pt 0in 6pt 42.5pt; text-indent: -42.5pt;"><b>B. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN</b></p> <table class="MsoNormalTable" style="width: 100%;" width="100%" border="1" cellpadding="0" cellspacing="0"> <thead> <tr style="page-break-inside: avoid; height: 34.6pt;"> <td style="padding: 0in; height: 34.6pt;"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in; text-align: center;" align="center"><b>STANDAR KOMPETENSI<o:p></o:p></b></p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 34.6pt;" width="264"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in; text-align: center;" align="center">KOMPETENSI DASAR</p> </td> </tr> </thead> <tbody><tr style="height: 3.5pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 3.5pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 14.2pt; text-indent: -14.2pt;">1. Memahami sifat dasar sinyal audio</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 3.5pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">1.1 Memahami elemen gelombang, jenis-jenis dan interaksi gelombang</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">1.2 Memahami sifat dan kegunaan penguat</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">1.3 Menjelaskan attenuasi gelombang</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">1.4 Menjelaskan decibel</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">1.5 Menjelaskan konversi besaran listrik pada mikrophon dan loudspeaker.</p> </td> </tr> <tr style="height: 136.45pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 136.45pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 14.2pt; text-indent: -14.2pt;">2. Melakukan instalasi sound system</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 136.45pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">2.1 Mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsi dari sound system</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">2.2 Menjelaskan pengaruh arah speaker</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">2.3 Menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi kualitas suara</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">2.4 Menggunakan wireless sesuai karaktreristiknya</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">2.5 Pengawatan peralatan sound sistem</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">2.6 Melakukan perawatan peralatan sound sistem.</p> </td> </tr> <tr style="height: 139.15pt;"> <td style="padding: 0in; height: 139.15pt;" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 14.2pt; text-indent: -14.2pt;">3. Memahami prinsip pembuatan master</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 139.15pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">3.1 Menjelaskan fungsi mastering</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">3.2 Menjelaskan perbedaan studio pembuatan master dan rekaman</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">3.3 Mengidentifikasi kebutuhan alat untuk rekaman audio</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">3.4 Memahami fungsi alat pendukung perekaman suara</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">3.5 Menjelaskan macam dan penempatan mikropon pada instrumen</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">3.6 Menjelaskan mekanisme perekaman suara.</p> </td> </tr> <tr style="height: 3.5pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 3.5pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 14.2pt; text-indent: -14.2pt;">4. Membuat rekaman audio di studio</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 3.5pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">4.1 Menjelaskan proses duplikasi</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">4.2 Mengoperasikan peralatan rekam</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">4.3 Merawat peralatan rekam</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">4.4 Melacak gangguan kerja sistem.</p> </td> </tr> <tr style="height: 96.6pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 96.6pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 14.2pt; text-indent: -14.2pt;">5. Memperbaiki radio penerima</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 96.6pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">5.1 Menjelaskan jenis-jenis radio penerima</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">5.2 Menjelaskan prinsip kerja radio penerima AM</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">5.3 Menjelaskan prinsip kerja radio penerima FM</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">5.4 Mengoperasikan radio</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">5.5 Menala tuning dan penguat</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">5.6 Merawat radio</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">5.7 Memperbaiki radio.</p> </td> </tr> <tr style="height: 173.2pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 173.2pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 14.2pt; text-indent: -14.2pt;">6. Memperbaiki compact cassete recorder</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 173.2pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">6.1 Menjelaskan prinsip rekam magnetic</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">6.2 Mendiskripsikan jenis-jenis cassette dan kegunaannya</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">6.3 Menjelaskan prinsip kerja compact cassette recorder</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">6.4 Mengoperasikan cassette recorder</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">6.5 Menginstall cassette recorder</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">6.6 Merawat cassette recorder</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">6.7 Memperbaiki cassette recorder.</p> </td> </tr> <tr style="height: 126.65pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 126.65pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 14.2pt; text-indent: -14.2pt;">7. Memperbaiki CD player</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 126.65pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">7.1 Menjelaskan media rekam CD</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">7.2 Menyebutkan jenis-jenis CD</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">7.3 Menjelaskan cara kerja CD player</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">7.4 Mengoperasikan CD player</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">7.5 Merawat CD player</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">7.6 Memperbaiki CD player.</p> </td> </tr> <tr style="height: 163.3pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 163.3pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 14.2pt; text-indent: -14.2pt;">8. Menjelaskan dasar-dasar sinyal video</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 163.3pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">8.1 Menjelaskan hubungan jumlah piksel dan kualitas resolusi gambar</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">8.2 Menjelaskan bagian-bagian sinyal video komposit dan fungsinya</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">8.3 Menjelaskan perbedaan Sistem PAL dan NTSC</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">8.4 Menjelaskan sistem pembentukan gambar</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">8.5 Melakukan pengujian sInyal video</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">8.6 Menjelaskan prinsip kerja tabung gambar.</p> </td> </tr> <tr style="height: 265.45pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 265.45pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 14.2pt; text-indent: -14.2pt;">9. Memperbaiki sistem penerima televisi</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 265.45pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">9.1 Menjelaskan bagian-bagian dan fungsi dalam sistem penerima TV hitam putih</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">9.2 Menjelaskan prinsip kerja penerima TV hitam putih dan warna</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">9.3 Menjelaskan macam-macam penerima televisi meliputi sistem penerima TV HP, TV Warna, TV kabel, TV satelit, TVIP, TVio dan HDTV</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">9.4 Menjelaskan monitor komputer</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">9.5 Menjelaskan perbedaan TV LCD dan plasma</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">9.6 Mengoperasikan penerima TV</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">9.7 Menginstal penerima TV</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">9.8 Merawat penerima TV</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 22.95pt; text-indent: -22.95pt;">9.9 Memperbaiki penerima televisi.</p> </td> </tr> <tr style="height: 106.15pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 106.15pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 19.85pt; text-indent: -19.85pt;">10. Memperbaiki alat reproduksi sinyal audio video compact cassete</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 106.15pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">10.1 Memilih jenis kaset sesuai kegunaan</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">10.2 Menjelaskan prinsip kerja VCR</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">10.3 Menginstal VCR</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">10.4 Merawat VCR</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">10.5 Memperbaiki VCR.</p> </td> </tr> <tr style="height: 141.45pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 141.45pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 19.85pt; text-indent: -19.85pt;">11. Memperbaiki alat reproduksi sinyal audio video CD</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 141.45pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">11.1 Menjelaskan perbedaan media rekam VCD dan DVD</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">11.2 Menjelaskan prinsip kerja DVD player</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">11.3 Mengoperasikan DVD player</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">11.4 Menginstall DVD player</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">11.5 Merawat DVD player</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">11.6 Memperbaiki DVD player.</p> </td> </tr> <tr style="height: 69.75pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 69.75pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 19.85pt; text-indent: -19.85pt;">12. Melakukan konversi cassette ke CD</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 69.75pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">12.1 Menjelaskan prinsip konversi</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">12.2 Mengoperasikan peralatan konversi</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">12.3 Merawat peralatan konversi.</p> </td> </tr> <tr style="height: 164.85pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 164.85pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 19.85pt; text-indent: -19.85pt;">13. Melakukan install home theater</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 164.85pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">13.1 Menjelaskan kebutuhan peralatan pembuatan home theater</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">13.2 Menempatkan peralatan audio menghasikan suara surround dengan sistem 4.1, 5.1 dan 7.1</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">13.3 Menjelaskan TV proyektor</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">13.4 Menempatkan Monitor gambar sesuai dengan jarak tempat duduk</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">13.5 Menginstall peralatan home theater dengan konfigurasi 41 atau 61</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">13.6 Melakukan trouble shooting hasil install</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">13.7 Merawat home theater.</p> </td> </tr> <tr style="height: 89.5pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 89.5pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 19.85pt; text-indent: -19.85pt;">14. Melakukan install video game</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 89.5pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">14.1 Menjelaskan urutan perkembangan video game</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">14.2 Menjelaskan bagian-bagian dan fungsi play-stasion</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">14.3 Menginstall video game</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">14.4 Merawat video game.</p> </td> </tr> <tr style="height: 134.95pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 134.95pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 19.85pt; text-indent: -19.85pt;">15. Mempersiapkan pembuatan dokumentasi video</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 134.95pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">15.1 Membuat skenario rancangan pengambilan gambar</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">15.2 Mengidentifikasikan jenis dan fungsi alat-alat pendukung pembuatan dokumentasi video</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">15.3 Menjelaskan prinsip kerja dan pengaturan kamera</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">15.4 Menjelaskan teknik pengambilan gambar.</p> </td> </tr> <tr style="height: 127.75pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 127.75pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 19.85pt; text-indent: -19.85pt;">16. Membuat dokumentasi video</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 127.75pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">16.1 Mengoperasikan kamera</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">16.2 Menginstal kamera</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">16.3 Melakukan perekaman gambar</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">16.4 Melakukan editing gambar</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">16.5 Melakukan reproduksi hasil rekaman</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">16.6 Merawat kamera.</p> </td> </tr> <tr style="height: 98.55pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 98.55pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 19.85pt; text-indent: -19.85pt;">17. Melakukan install sistem audio video CCTV</p> </td> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2.75in; height: 98.55pt;" width="264" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">17.1 Menjelaskan prinsip CCTV</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">17.2 Mengidentifikasi kebutuhan CCTV</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">17.3 Menjelaskan prinsip penempatan kamera pemantau</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">17.4 Menginstal monitor pemantau</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">17.5 Menginstall CCTV untuk security</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">17.6 Menginstall CCTV untuk konferensi terbatas.</p> </td> </tr> <tr style="height: 72.35pt;"> <td style="padding: 0in 5.4pt; width: 2in; height: 72.35pt;" width="192" valign="top"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 19.85pt; text-indent: -19.85pt;">18. Melakukan install peralatan audio video mobil</p> </td> <td style="padding: 0in; height: 72.35pt;"> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">18.1 Menjelaskan kebutuhan peralatan audio video mobil</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">18.2 Memasang pengawatan peralatan audio video mobil</p> <p class="MsoNormal" style="margin: 6pt 0in 6pt 28.35pt; text-indent: -28.35pt;">18.3 Mengatur suara surround.</p> </td> </tr> </tbody></table> <p class="MsoNormal"><o:p> </o:p></p> elektronikahttp://www.blogger.com/profile/15904452252966411640noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5245201048106318837.post-58065997690630726592009-12-02T22:16:00.000-08:002009-12-02T22:27:11.782-08:00serba - serbi DVD<span style="font-size:85%;"><b>Serba Serbi DVD</b></span><br /><br /><i>Apa yang dimaksud dengan regional codes atau country codes? Apa yang dimaksud dengan dual layer DVD? Kenapa ada DVD yang tidak dapat dijalankan di PC tetapi dapat berjalan dengan baik di DVD Player? Semua pertanyaan tentang DVD akan Anda temui jawabannya lewat artikel di bawah ini.</i><br /><br /><p align="justify">Kemampuan yang dimiliki oleh DVD telah menggantikan banyak teknologi lain dikelasnya. sepertiCD, Laser disc, Kaset video game, dan Kaset Video (VHS). Hanya dalam jarak selama kurang dari 8 tahun (sejak diperkenalkan kemasayarakat luas tahun 1997) kehadiran DVD sudah berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan itu juga berkat dukungan yang sangat luas yang diperoleh DVD dari berbagai perusahaan baik elektronika, komputer, maupun entertainment di seluruh dunia.</p> <p align="justify">Di Indonesia sendiri keberadaan DVD sangat cepat bergerak, hanya dalam jangka waktu kurang lebih tiga tahun perkembangan DVD sudah mampu menggeser keberadaan CD.</p> <p align="justify">Namun DVD tidak sama dengan CD. Meskipun CD dan DVD sangat mirip, keduanya sangat berbeda. Format pada DVD lebih bervariasi. Selain itu pada DVD juga terdapat fasilitas-fasilitas lain yang tidak dapat ditemui pada CD.</p> <p align="justify">Dan masih banyak informasi lain tentang DVD yang tidak semuanya diketahui oleh masyarakat umum. Padahal ada beberapa informasi yang cukup penting dan sangat bermanfaat untuk diketahui. Semua informasi ini dapat dipergunakan baik untuk membeli DVD Player, DVD Disc atau sekedar untuk mencari pemecahan masalah yang sedang dihadapi oleh DVD Player Anda di rumah. Apa saja informasi tersebut? Simak saja uraian-uraian di bawah ini:</p> <p align="justify"><strong>Yang dimaksud dengan DVD?</strong><br />Pertama-tama, ada baiknya jika kita telaah sedikit apa sebenarnya yang dimaksud dengan DVD. DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.. Bentuknya sangat mirip dengan CD.Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer.</p> <p align="justify">Dalam DVD ada dua bagian format yang sangat penting, yaitu Physical Formats (Format Fisik) dan Application Format (Format aplikasi). Yang dimaksud dengan format fisik adalah DVD ROM, DVD-R/RW, DVD+R/RW, dan DVD-RAM. Format ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sedangkan yang dimaksud dengan format aplikasi adalah, DVD video yang disebut DVD –juga- lalu ada yang disebut DVD Audio, DVD Stream Recording dan ada juga yang disebut Super Audio CD (SACD). Selain itu ada juga format aplikasi yang dipergunakan khusus untuk Games seperti Sony Play-Station 2 atau Microsoft Xbox.</p> <p align="justify"><strong>Format-format pada DVD</strong><br />Tadi telah dikatakan bahwa dalam DVD ada yang disebut dengan format fisik ada juga yang disebut format aplikasi. Format fisik ada beberapa variasi yaitu DVD ROM, DVD-R/RW, DVD+R/RW dan DVD RAM. Apa perbedaan diantara keempatnya?<strong></strong></p> <div align="justify"> <ul><li><strong>DVD-ROM</strong><br />Ini adalah format DVD yang paling umum saat ini. DVD-ROM sendiri ada 4 jenis yaitu DVD-5, DVD-9, DVD-10 dan DVD-18. DVD-5 dan DVD-9 adalah DVD single sided. Jika DVD-5 merupakan singlesided, single-layer. DVD-9 Single sided, dual-layer. Masing-masing memiliki kemampuan untuk menyimpan data sebanyak 4,37GB dan 7,95GB.</li></ul></div> <p>Sedangkan DVD-10 dan DVD-18 merupakan DVD double-sided. Jika DVD-10 merupakan DVD double-sided, singlelayer, DVD-18 merupakan DVD doublesided, dual-layer. DVD-10 mampu menyimpan data sebanyak 8,74GB, serta DVD-18 mampu menyimpan data sebanyak 15,9GB. DVD ini tidak dapat ditulis, sesuai dengan namanya DVDROM (Read Only Memory) ini hanya dapat dibaca.</p> <ul><li><strong>DVD-R (Readable)<br /></strong>DVD-R adalah salah satu format yang dikembangkan oleh Pioneer. Pada DVDR sendiri ada dua format yang tersedia. yaitu DVD-R Autorithy (A) dan DVD-R General (G). DVD-R (A) lebih banyak digunakan untuk membuat master DVD pada proses penduplikasian DVD pada mesin khusus dan ingin menggunakan region code. Sedangkan DVD-R (G) untuk membuat master pada proses duplikasi yang lebih sederhana dan dalam jumlah yang lebih sedikit serta tidak memerlukan region code. Untuk single-sided DVD-R mampu menyimpan data sebanyak 4,7GB, dan untuk DVD-R double sided data yang disimpan dapat mencapai 9, 4GB. Keduanya hanya dapat dituliskan sekali saja.<br /></li><li><strong>DVD-RW (Readable-Writeable)</strong><br />Jika DVD-R hanya dapat dituliskan satu kali saja, maka DVD-RW dapat dituliskan<br />sampai 1000kali. Untuk kapasitas yang dimiliki sama dengan DVD-R yaitu 4,7GB untuk single-sided. DVD-RW memiliki harga yang lebih mahal dari DVD-R.<br /></li><li><strong>DVD+R</strong><br />Perbedaan Yang menonjol adalah tanplus yang dimiliki DVD ini. DVD+R dikembangkan oleh Philips, Dell, Sony, HP, dan Microsoft. Jika pada versi minus hanya mendukung penulisan dengan satu layer saja, maka pada DVD+, DVD pada dituliskan dengan dua layer. Harga DVD+ lebih mahal dari pada DVD-. Sebab dengan kemampuan penulisan secara dua layer,kapasitas yang dimiliki DVD+ dapat lebih banyak dari DVD-.<br /></li><li><strong>DVD+RW<br /></strong>Sama halnya dengan DVD+R yang juga dikembangkan oleh Philips, Dell, Sony, HP, dan Microsoft. Jika DVD+R hanya dapat dituliskan sekali saja, sebaliknya DVD+RW dapat dituliskan secara berulang-ulang. Harganyapun lebih mahal dari DVD+R.<br /></li><li><strong>DVD-RAM (Random Access Memory)</strong><br />DVD RAM ini juga dapat ditulisi secara berulang-ulang. Hanya saja berbeda dari DVD yang lain yangdapat dibaca pada DVD rOM drive biasa. Untuk membaca DVD RAM dibutuhkan driver khusus. Kapasitas yang dapat disimpan oleh DVDRAM single-sided adalah 2,6GB atau 4,7GB. Sedangakn untuk double-sided adalah 5,2GB atau 9,4GB.</li></ul>elektronikahttp://www.blogger.com/profile/15904452252966411640noreply@blogger.com0